Tips dan Trik cara menyeduh kopi

Cara menyeduh kopi yang baik secara sederhana:

  • Pastikan semua peralatan yang akan digunakan bersih

Untuk memberi cita rasa nikmat pada kopi yang ingin anda buat, pastikan juga bahwa perlengkapan yang akan digunakan memang benar-benar bersih.

  • Menggiling atau menggrinder kopi harus sesuai

Rasa yang terlalu pahit atau rasa yang datar disebabkan oleh ekstraksi kopi yang dihasilkan. Jika biji kopi digiling dengan cara yang terlalu halus, maka rasa pahitnya akan sangat terasa. Sebaliknya jika rasa kopi terlalu datar, disebabkan oleh hasil penggilingan yang kurang halus.

  • Gunakanlah air yang telah disaring atau air minum botol

Pada umumnya air masih mengandung kapur meskipun telah dipanaskan hingga suhu 100 derajat celcius, maka dari itu diperlukan penyaringan agar tidak mengandung kapur karena bisa mengubah rasa dari kopi itu sendiri. Air yang telah disaring atau air minum botol menunjukan kesterilan dari air tersebut. Penggunaan air juga mempengaruhi rasa yang dihasilkan

  • Panas air dengan suhu antara 90 derajat Celcius hingga 96 derajat Celcius

Rasa pahit atau rasa datar pada kopi disebabkan oleh ekstraksi kopi yang dihasilkan. Pada suhu 90 derajat celcius hingga 96 derajat celcius, kopi akan terekstrak secara optimal. Lama memasak atau menyeduh kopi juga mempengaruhi rasa kopi

  • Rasa ideal kopi

Rasa terbaik dari kopi akan terasa setelah 4 menit terjadi kontak antara kopi dengan air panas. Untuk jenis kopi espresso, lama kontaknya sekitar antara 20 hingga 30 detik saja. Jika rasa yang dihasilkan kurang optimal, kemungkinan waktu kontak antara kopi dengan air panas masih terlalu cepat atau bahkan terlalu lama. Rasa kopi terbaik hanya bisa dinikmati segera setelah waktu kontak idealnya tercapai.

0 comments on “Tips dan Trik cara menyeduh kopiAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *